FULL OF CONFIDENCE

Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

SO CLOSE NOW

Jakarta Selatan

READY FOR A NEW LIFE

Condet Jakarta

COLLECTION














HUBUNGI KAMI 
UNTUK BUSANA PENGANTIN YANG ANDA INGINKAN
ATAU INFO LEBIH BANYAK MENGENAI BUSANA LAINNYA

PAKET PESTA PERNIKAHAN


PAKET PESTA PERNIKAHAN
KRAMATJATI CONDET CAWANG
CIBUBUR CIRACAS PASAR REBO
KALIBATA PASARMINGGU LENTENG AGUNG
JAKARTA TIMUR JAKARTA SELATAN

DITAHUN 2015 KAMI SUDAH DAPAT MELAYANI JABODETABEK

GRIYA RIAS GITA
Menerima Rias Pengantin Tradisional Sunda, Jawa, Betawi, Modern, Muslim dan lain-lain, dengan harga terjangkau dan lengkap
(dekorasi pernikahan, alat-alat pesta, tenda, katering, dan sebagainya).

PAKET AKAD/RUMAH/GEDUNG 
YANG KAMI SEDIAKAN DAPAT DIMODIFIKASI 
SESUAI DENGAN KEINGINAN/KEBUTUHAN CALON PENGANTIN
ATAUPUN KONDISI LOKASI PESTA PERNIKAHAN

JANGAN SEGAN MENGHUBUNGI KAMI UNTUK MENDAPATKAN SOLUSI PAKET YANG TERBAIK

Griya Rias Gita
Co. Gita Salon Rias Pengantin
Call : 081213767020-087888072330. Assist call : 081315119113
Whatsapp/Line/Sms : 087888072333

Alamat : Jl Condet Raya Gg. Asam/Gg Kekeran Rt 02/04 No 35-36K Condet Batuampar Kramatjati  Jakarta Timur



PENGANTIN ADAT BETAWI




PENGANTIN ADAT BETAWI




Daerah Cagar Budaya Betawi Condet yang meliputi Condet Balekambang, Condet Batuampar, Kampung Tengah, termasuk Kampung Gedong masih sangat kental adat istiadat betawinya.

Di jl Gardu Condet terdapat Rumah besar Adat Betawi yang dilestarikan dan sering digunakan untuk melangsungkan pernikahan pengantin betawi. Namun pada umumnya pesta pernikahan dilangsungkan dirumah mempelai wanita.

Pernikahan diawali dengan iring-iringan yang mengarak mempelai pria dengan membawa macam-macam seserahan terutama khas roti buaya. Rebana marawis sering menjadi pemandu sebagai tanda kedatangan mempelai pria.

Sesampai dirumah mempelai wanita diadakan upacara buka palang pintu dengan berbalas pantun dan beradu silat melalui perwakilan dari kedua mempelai. Posesi ini sangat unik dan terkesan wajib pada Upacara Perkawinan Adat Betawi, yang salah satu tujuannya adalah untuk mempertahankan tradisi Si Pitung. Setelah acara akad nikah dilanjutkan dengan memberikan seserahan serta sambutan/nasihat dari orang tua atau para pemuka kampung.

Pengaruh budaya cina sangat mempengaruhi gaya acara pernikahan betawi, sebab perpaduan antara kebudayaan lokal dengan kebudayaan Tionghoa, sebagai pendatang, masih dirasakan hingga saat ini. Salah satunya adalah pakaian pengantin wanita masyarakat Betawi.
Dari gaya pakaian pengantin Betawi, ada dua budaya asing yang melekat dalam prosesi pernikahan. Pengantin pria dipengaruhi budaya Arab. Sedangkan busana pengantin wanita dipengaruhi adat Tionghoa. Demikian pula dengan musik yang meramaikan pesta pernikahan. Berdasar silsilah zaman dahulu.

PENGANTIN WANITA

Secara umum, pakaian pengantin wanita Betawi ini terdiri dari beberapa bagian.
Pada bagian atas, Baju ini memiliki leher tertutup, berlengan panjang serta berkancing dari atas hingga bawah. Bagian penutup dada yang disebut "teratai", dibuat dari bahan beludru tebal. Pada bagian bawah menggunakan rok panjang dan lebar di bawah yang melewati mata kaki. Bagian lain adalah penutup muka atau cadar.
Pakaian ini hanya digunakan oleh para wanita yang berasal dari kaum bangsawan negeri cina. Jadi wanita yang berasal dari kalangan rakyat jelata tak dapat menggunakan pakaian "kebesaran" ini.
Pakaian pernikahan wanita Betawi juga selalu dilengkapi dengan sejumlah aksesori seperti kembang goyang, gelang, tusuk konde.
Dalam perkembangannya, Busana pengantin wanita betawi telah termodifikasi dengan menggunakan bahan bahan songket dari Sumatra serta kreasi model dan payet dari designer pakaian pengantin.

PENGANTIN PRIA

Pengantin pria dipengaruhi budaya Arab, mengenakan pakaian jas, kopiah hitam, berbaju lengan panjang putih, mengenakan sarung plekat, dan memakai peci serta sepatu sandal. Dapat di tambah ka;ung ronce bunga melati.
Modifikasi dapat dilakukan dengan memadukan beskap, atau celana panjang.