TREN TARIAN DALAM ACARA ADAT PERKAWINAN BETAWI.


Pada era sekarang ini, selain acara adat Buka Palang Pintu, tarian betawi juga sudah digunakan untuk memeriahkan acara adat pesta perkawinan betawi. Seperti Tarian Sirih Kuning, yang kini sering digunakan untuk mengiring pengantin pada saat berjalan menuju pelaminan.

Untuk itu, UPT Balai Latihan Kesenian Kota Jakarta Selatan aktif menggalang kesenian budaya betawi. Terlihat dengan aktifnya pelatihan-pelatihan seni tari dari mulai tingkat dasar sampai trampil.

Upaya yang dilakukan oleh Ibu Maya (ketua UPT BLK Jak sel) tidak sia sia, dengan berhasilnya UPT BLK Jak Sel menjadi juarapertama pentas di Jakarnaval, 30 Juni 2013. dalam acara ulang tahun Jakarta ke 486.

Dalam pengembangan dan pelatihan seni tari Ibu Maya didukung oleh para penata tari yang tak asing lagi seperti Ibu Wiwik Widiastuti (pencipta tari sirih kuning ), Bpk Christianto (penata tari dan dosen seni tari IKJ) dan para penata tari lainnya.

Bu Wiwik dan Penari Surih Kuning
Para penata tari BLK Jaksel
panggung BLK Jaksel
UPT BLK Jaksel


Tidak hanya itu dukungan didapat juga dari para mahasiswa dari IKJ dan UNJ, elemen dari sanggar tari, serta Smkn 57 jurusan seni tari dan karawitan.

Bila anda calon pengantin betawi yang berminat untuk menggunakan jasa penari betawi dalam pesta pernikahannya, silahkan saja hubungi UPT BLK Jaksel.

Demikian info pengantin kali ini semoga bermanfaat.

gsrp*