MAKEUP RIAS PANGGILAN

Sortali dalam tata rias pengantin batak

sortali adat batak

Dalam pesta perkawinan adat batak, terdapat busana pengantin yang dilengkapi dengan mahkota yang disebut Sortali. Sortali yang terbuat dari tembaga sepu emas terbungkus kain merah yang diikat dikepala, sangat selaras dengan tata busana pengantin batak yang selalu dilengkapi dengan Ulos.

Sortali adalah sejenis ikat kepala yang berasal dari kebudayaan Batak Toba (Batak sendiri terbagi enam, yakni Toba, Karo, Mandailing, Pakpak, Simalungun, dan Angkora). Dahulu, Sortali kerap dipakai dalam acara pernikahan oleh golongan aristokrat di suku Batak sehingga Sortali biasa dianggap sebagai simbol prestige/kekayaan dan kemakmuran suatu keluarga. Kini, Sortali sudah biasa disewakan dalam acara-acara adat Batak seperti perkawinan, , lantaran harganya yang mahal.
Sortali terbuat dari tembaga yang disepuh dengan emas, serta dibungkus dengan kain merah. Ini juga salah satu alasan mengapa Sortali hanya dimiliki oleh golongan terpandang di dalam masyarakat suku Batak.
Sortali yang dimahkotakan pada wanita berbentuk persegi panjang. Sementara itu, Sortali yang dipakai pria berbentuk segitiga ; uniknya, Sortali untuk pria biasa juga dipanggil Tali-Tali.

Sortali dipakai dalam acara pernikahan karena Sortali tidak hanya menggambarkan kemakmuran keluarga yang bersangkutan, tetapi juga mendoakan kebaikan serta keberuntungan untuk kedua mempelai dan keluarganya. Sortali juga menunjukkan sakralnya budaya Batak dalam pernikahan, di mana kesucian dalam pernikahan dan kesatuan pengantin sesuai adat Batak.


pengantin batak pakai sortali

pengantin batak kepelaminan

Dalam tata rias pengantin batak, selain menambah keanggunan performa pengantin, sortali juga menunjukkan kekentalan adat budaya batak yang sakral dalam pernikahan, serta bermakna kebaikan bagi kedua mempelai dan seluruh keluarga.


Sumber :https://budaya-indonesia.org/Sortali

Griya Rias Gita : Rias Pengantin Batak






Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.