MAKEUP RIAS PANGGILAN

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.

 Acara pesta pernikahan secara garis besar terdiri dari 2 sesi, yaitu akad nikah dan resepsi. Acara akad nikah lebih bersifat sacral dan memiliki nilai nilai kesepakatan dan perjanjian. Sedangkan acara resepsi lebih kearah ungkapkan rasa syukur terhadap berkah Tuhan atas perjodohan dari pengantin.

Keduanya dapat dilakukan dalam satu hari maupun beda hari. Ini semua tergantung dari keputusan pengantin dan keluarga, melalui pertimbangan terhadap situasi maupun kondisi keluarga maupun lingkungan. Antara akad dan resepsi, bila dilakukan dalam 1 hari maupun beda hari, keduanya memiliki nilai positif dan negative.

Jika melakukan akad dan resepsi beda hari, nilai positifnya adalah, pengantin dan keluarga dapat melakukan acara akad nikah secara khidmat. sedangkan nilai negatifnya tentunya adalah budget lebih besar dan kesibukan terhadap perhelatan pernikahan lebih memakan waktu dan tenaga.
Pasangan pengantin yang melakukan akad nikah beda hari dengan resepsi, memilki alasan tertentu yang tentunya memiliki makna kebaikan bagi pengantin maupun keluarga.

Berbeda jika melakukan akad dan resepsi dalam satu hari. Dalam artian bahwa akad dan resepsi digabung dalam satu hari namun hanya berbeda jam saja. Nilai positifnya adalah, pengantin dan keluarga dapat menyelenggarakan pernikahan dengan budget yang lebih hemat dan waktu yang lebih simple. Danrasa lelah buat keluarga juga menjadi sekaligus dalam waktu 1 hari itu. Sedangkan nilai negatifnya, pengantin dan keluarga harus mempersiapkan jadwal tata rias secara matang. Schedule dan para personil yang terlibat dalam acara itu semuanya diharuskan siap dlm 1 hari itu. 
Yang harus dihindari dalam perhelatan 1 hari adalah,: jadwal yang sudah direncanakan tidak tepat sehingga acara jadi terkesan terburu-buru dengan rasa was-was.

Bagi pasangan pengantin yang menginginkan akad dan resepsi dalam satu hari, maka persiapan yang diperlukan untuk tata rias pengantin adalah jadwal waktu rias. Bila anda menyelenggarakannya di rumah, tentu lebih mudah mengatur waktunya karena waktu lebih panjang. Namun bila di aula, gedung, masjid maupun restoran, tentu memerlukan perhitungan jadwal waktu.

Perhitungkanlah jarak rumah dengan tempat resepsi, lihatlah kondisi fasilitas untuk proses tata rias pengantin tempat resepsi,  setelah itu sesuaikan dengan waktu yang diberikan pihak tempat resepsi. Lalu buatlah jadwal dengan berkonsultasi pada perias pengantin.

Dapat kita mengambil contoh untuk perhelatan perhajat pernikahan yang dilakukan dirumah maupun digedung dalam satu hari, maka pola schedule yang umum adalah :

Antara jam 05.00-08.00 :
Melakukan rias make up pengantin akad (bisa dirumah/digedung tergantung jarak atau fasilitas ruang tatarias gedung).  Pada saat ini juga dilakukan tata rias untuk keluarga pengantin wanita, terutama orangtua, adik/kakak.

Antara jam 08.00-10.00 :  
Acara akad nikah. Pada saat akad nikah ini juga dilakukan tata rias bagi yang belum dirias dan tidak berperan dlam acara akad nikah.

Antara jam 10.00-11.00 :
Tata rias makeup untuk resepsi. Seringkali hanya tinggal touchup makeup dan berganti busana. Pada saat jadwal antara jam 10.00-11-00 inilah, pengantin akan melakukan pergantian tata rias pengantin dari akad ke resepsi.. Untuk itu perlu diperhatikan waktu yang tersedia untuk touchup makeup resepsinyadan berganti busananya
Perias pengantin anda tentu akan mengingatkan pengnatin, karena yang sering terjadi adalah jadwal agak ngaret karena antara pengantin dan keluarga keterusan asyik berfoto bersama. Gunakanlah waktu sebaik-baiknya.

Antara jam 11.00-Selesai:
Acara resepsi.

Sekali lagi jadwal itu hanya contoh saja, tentu berlainan bila event wedding dilakukan.pada sore hari.

Dapat disimpulkan bahwa jadwal penataan rias pengantin yang baik adalah ditandai dengan:
-Selesai makeup pasangan pengantin masih dapat berselfie  dan siap untuk memasuki acara.
-Pengantin juga masih dapat menunggu beberapa saat sebelum ada aba-aba dari panitia untuk memulai acara, baik itu akad maupun resepsi.

GRIYA RIAS GITA 
gsrp*

Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR