MAKEUP RIAS PANGGILAN

Model Sanggul


Dalam dunia kecantikan wanita, rambut merupakan mahkota. Tata rias rambut dari berbagai model maupun gaya memiliki nilai tersendiri dan menciptakan citra dari wanita tersebut. Sudah banyak model gaya rambut yang diciptakan oleh para pakar tata rias rambut baik dalam negri maupun luar negri. Semua itu adalah bagian dari kreatifitas seni kecantikan ddidunia wanita.
Begitu juga pada tata rias pengantin, penataan rambut untuk kebutuhan bridal juga sangat luas. Model penataan rambut dari berbagai belahan dunia juga berbeda-beda, disesuaikan dengan kultur budaya maupun mode. Seperti pada dunia wedding di Indonesia, karena pengaruh kultur budaya, tata rias rambut lebih sering menggunakan sanggul.  

Mari kita bahas sedikit tentang sanggul untuk pernikahan. Sanggul adalah gelung rambut perempuan di atas atau di belakang kepala, disebut juga kundai atau konde. Karena bentuk sanggul sangat beragam, maka penggunaanya disesuaikan dengan kebutuhan dan keserasian. Para professional tata rias rambut sering memberi nama/istilah sendiri untuk karya sanggul hasil kreatifitasnya. Pemberian nama berdasarkan gaya, bentuk, accessories, maupun warna rambutnya. Ada juga nama model sanggul mengikuti nama pemakai yang menjadi trend pada masanya.

Tata rias rambut pada era sekarang sering disebut Hair do rias pengantin.  Tata rias rambut ini meliputi sanggul pakem adat, maupun sanggul modifikasi yang lebih trendy dan dinamis, praktis dan gaya. Pemilihan bentuk sanggul dimasa sekarang lebih mudah, karena dengan adanya Google Image maupun Youtube, para wanita dengan mudah dapat melihat bentuk sanggul yang diinginkannya.
Ada beberapa pengelompokan atau klasifikasi sanggul dengan namanya yang dapat dijadikan sebagai referensi pencarian gambar, yaitu:

Klasifikasi model sanggul menurut letak posisinya dikepala:
- Ayam mengeram : sanggul di puncak kepala
- Bulat : sanggul di belakang kepala sebelah atas
- Gantung : sanggul yg tergantung di tengkuk atau di kuduk
- Lintang : sanggul yg melintang dr kiri ke kanan di atas kepala
- Lipat Pandan : sanggul lintang di belakang kepala, terdiri atas dua bagian dan diikat di tengah-tengah
- Miring : sanggul pd sudut kepala, di sebelah kiri atau sebelah kanan (pd wanita Bali)

Klasifikasi model sanggul berdasarkan rambutnya:
- Asli : sanggul yang dibentuk dari rambut dikepala yang panjangnya cukup untuk digelung
- Palsu : sanggul yg sudah berbentuk yg dibuat dr rambut asli atau tiruan
- Semat : sanggul palsu yang ditempel dikepala
- Padu : sanggul dibentuk dari sanggul palsu digabung dengan rambut asli

Berdasarkan trend penggunaan, model sanggul terbagi menjadi:
1. Sanggul Tradisional
-Sanggul Jawa
-Sanggukl Sunda
-Sanggul Betawi
-Sanggul Bali
-Sanggul Aceh
Sanggul-sanggul tradisional memiliki berbagai bentuk yang biasanya mengikuti gaya adat dan accessories yang digunakan. Sanggul tradisonal umumnya digunakan untuk acara acara sacral dan pernikahan adat. Khusus untuk melihat contoh model rambut untuk pengantin adat, sebaiknya calon pengantin  mengunjungi situs-situs budaya daerah yang bersangkutan.

Untuk memilih tata rias rambut lengkap dengan makeup, anda dapat melihatnya di GALERI PENGANTIN

 contoh sanggul

2. Sanggul Modern
-Sanggul cepol
-Sanggul kepang
-Sanggul tiara
-Sanggul bunga
-Sanggul Kristal
Sanggul modern biasanya digunakan untuk acara formal seperti wisuda, resepsi, dsb. Dalam perkembangannya sanggul modern banyak dimodifikasi untuk acara pernikahan.

Tips:
Aplikasi model sanggul berdasarkan bentuk wajah:
1.   Wajah Bulat dan Persegi : Untuk terlihat natural wajah bulat dan persegi dapat menggunakan sanggul yang memberikan kesan melonjong ke bawah untuk menyeimbangkan bentuk wajah. Tambahkan aksesories sebagai pemanis. 
2. Wajah Lonjong atau Oval
Bagi Anda pemilik bentuk wajah ini lebih mudah berkreasi menggunakan sanggul modern maupun modifikasi. Hindari sanggul yang meninggi ke atas.


Oleh:Gsrp (dari berbagai sumber)

Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.