MAKEUP RIAS PANGGILAN

RIAS MAKE UP PENGANTIN ADAT SOLO DI JAKARTA

rias paes solo di jakarta
Seperti kita ketahui bahwa para keturunan perantau yang berasal dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur yang kini berada di Jakarta, sebagian besar masih tetap ingin melestarikan kebudayaan orang tua mereka. Salah satunya adalah dengan mengadakan pesta pernikahan tradisional menggunakan adat Jawa. 
Dalam tata rias pengantin tradisional jawa, terdapat  2 jenis tata rias, yaitu Jogyakarta dan Solo (Surakarta). Keduanya merupakan rias pengantin yang banyak diminati oleh para calon pengantin keturunan jawa yang berada di Jakarta.
Postingan kali ini menampilkan rias make up pengantin adat Solo, yang mana dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk memilih penata rias jawa yang ada di Jakarta. 

Tata Rias pengantin Solo sangat identik dengan dengan penggunaan Paes Solo pada dahi pengantin wanita, dimana paes adalah salah satu simbol dari budaya pernikahan masyarakat Solo. Dalam melakukan tata rias paes Solo, tentu saja tidak sembarangan, karena lukisan paes itu sendiri memiliki arti dan makna yang sakral dalam budaya jawa. Oleh karena itu perias dalam melukis paes akan melalui perhitungan yang disesuaikan dengan karakter kecantikan wajah pengantin. Begitu pula dengan aksesories yang digunakan, baik mahkota kembang goyang maupun melati semua memiliki arti kebaikan tersendiri.

Untuk busana adat jawa Solo seringkali berdominan unsur warna hitam, walaupun ada juga yang berwarna biru. Aksesories pengantin hampir semua berwana keemasan, oleh karena itu pengantin yang menggunakan adat jawa penampilannya akan terlihat serba gemerlap bila diterangi cahaya.

Busana yang menggunakan unsur warna biru maupun merah namun tetap dihiasi pernak-pernik aksesories warna keemasan yang bermakna dan tentunya mempercantik pengantin. Busana jawa saat ini sudah banyak termodifikasi, namun tetap tidak menyimpang jauh dari pakem yang sudah ditentukan olah kesepuhan jawa .
Tata rias pengantin Jawa lebih kompleks bila dibandingkan dengan tata rias pengantin lainnya.
Karena tata rias pengantin Jawa Solo, memiliki ketentuan pakem budaya yang sudah ditetapkan oleh para sepuh keratonan jawa. Proses tata riasnya, seperti: Makeup wajah, Paes, Hairdo Sanggul, Busana dan Aksesories, memiliki makna yang berkaitan dengan kepercayaan dan keyakinan jawa.

Dengan makeup pengantin yang mumpuni, mulai dari makeup tata rias wajah, hairdo sanggul, pemasangan aksesories, maka tata rias yang menggunakan paes solo akan memperlihatkan keluwesan dan kecantikan dari seorang pengantin wanita jawa. Oleh karena itu, seorang perias pengantin jawa, selain harus professional dalam makeup, ia juga harus dapat berperan sebagai pemegang pakem kesakralan budaya jawa.

Mencari Rias pengantin Solo di wilayah Jakarta dan sekitarnya merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah. Disebut gampang karena banyak yang mengklaim dapat merias jenis pengantin Solo, namun dikatakan susah, karena cukup sulit untuk mencari perias yang mumpuni dalam tata rias makeup paes serta sanggul yang sesuai pakem.
Bagaimana seorang perias pengantin jawa yang mumpuni? Kita dapat mengartikannya sebagai berikut :
-Memiliki skill MUA yang selalu update.
Perias yang konsisten terhadap dunia kecantikan, akan tetap update terhadap kosmetologi dan teknik tata rias. Dengan mengikuti perkembangan dunia kecantikan dan teknik MakeUp Artis, maka perias akan dapat mengaplikasikan ketrampilannya pada pengantin tradisional, terutama pengantin Solo, agar dapat tampil cantik, anggun, dan manglingi sesuai dengan karakternya.
-Memiliki sense art of beauty , atau insting seni kecantikan, karena dalam tata rias pengantin solo terdapat Paes yang pengaplikasiannya memerlukan ketelitian tinggi. Dalam melukis paes perias harus dapat memyesuaikan karakter wajah agar pengantin dapat terlihat cantik dengan paes tersebut.
-Memahami tata cara pengantin jawa, baik makeup, paes, sanggul, penggunaan busana maupun aksesoriesnya. Hal ini juga berkaitan dengan pakem budaya jawa Solo.
-Memiliki bekal mental spiritualitas yang cukup dengan memegang prinsip kesakralan acara pesta pernikahan jawa. Terlebih lagi bila perhelatan pernikahan memiliki rangkaian acara adat yang panjang dan penuh kesakralan, mulai dari acara siraman, midodareni, dan panggih.

Yang paling khas dari tata busana pengantin solo adalah penggunaan unsur kain batik. Apalagi bila sudah menggunakan busana Dodotan Solo, maka unsur batik akan terlihat mendominasi nuansa pesta. Semua personil dari keluarga pengantin busananya juga bercorak batik, baik itu jarik, maupun blangkon yang digunakan oleh keluarga pengantin. Dan yang lebih unik adalah, bahwa corak batik pada busana pengantin, orang tua maupun among tamu,semua memiliki perbedaan. Penggunaan corak batik pada setiap personil keluarga inti ini, juga merupakan pakem dari adat jawa Solo yang memiliki arti dan makna sendiri-sendiri.
rias pengantin solo di jakarta

rias pengnatin solo modern


rias-makeup-pengantin-jawa-solo

Dengan mengutamakan keanggunan penampilan pengantin Jawa Solo yang sakral, Yani Dachlan tetap konsisten menerapkan tata rias dengan teknik MakeUp Artis wedding. Satu hal yang selalu menjadi perhatiannya dalam tata rias pengantin Solo, adalah penggunaan kosmetika yang berkualitas. Ini merupakan suatu hal yang penting, agar pengantin wanita dapat cantik dan manglingi.

Berapa biaya untuk Makeup Rias Paes Solo?
Silahkan lihat paket kami Sbb:

MAKEUP PAES RIAS PENGANTIN JAWA SOLO

 Paket Makeup Pengantin Jawa Pakem Lengkap

Rp.3.000.000,-

-Makeup Hair/Hijab Do Paes Ageng/Paes Solo Pengantin Wanita

-Busana Dodotan/Kanigaran (Pengantin Wanita dan Pria)

-Melati Lengkap

 

Paket Makeup Paes Pengantin Jawa Busana Kebaya Nasional

Rp.2.500.000,-

-Makeup Hair/HijabDo Paes Ageng/Paes Solo Pengantin Wanita

-Kebaya Pengantin Wanita dan Busana Pengantin Pria Lengkap

-Ronce Melati

 

Paket Makeup Paes Pengantin Wanita Jawa Busana Sendiri

Rp.1.800.000,-

-Makeup Hair/Hijab Do Paes Ageng/Paes Solo Pengantin Wanita

-Ronce Melati

 

MAKEUP RIAS PENGANTIN JAWA NON PAES

 Paket Makeup PengantinJ awa Busana Kebaya Nasional Non Paes

Rp.2.000.000,-

-Makeup Hair/HijabDo Paes Pengantin Wanita

-Kebaya Pengantin Wanita dan Busana Pengantin Pria Lengkap

-Ronce Melati

 

Harga Diluar Paket :

Makeup HairDo/HijabDo untuk ibu, adik/kakak : Rp.250.000,-/orang 

Sewa Busana+kain ibu/adik/kakak wanita : Rp.150.000,-/orang

Busana Resepsi Jawa Bapak, Kakak/Adik Pria (beskap,kain,blangkon,keris): Rp.200.000,-/orang


Okee..




GRIYA RIAS GITA 
Whatsapp Chat/Call : 081380196990
-Jl. Kekeran Rt.02/04 No. 35
Condet Batuampar Kramatjati Jakarta Timur
-Citra Indah City Bukit Pinus Blok Q3-21 
Sukamaju Jonggol Kab. Bogor Jawa Barat

Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.