MAKEUP RIAS PANGGILAN

PAKET MAKEUP BUSANA SIRAMAN JAWA 2023 - Upacara Adat Jawa Siraman Jakarta

siraman jawa
HARGA PAKET MAKEUP UPACARA SIRAMAN JAWA TAHUN 2023

1. MAKE UP RIAS PENGANTIN SIRAMAN + BUSANA + MELATI : Rp 1.800.000,-

2. PAKET MAKEUP UPACARA SIRAMAN LENGKAP : Rp 2.500.000,-

-MAKE UP RIAS PENGANTIN SIRAMAN + BUSANA + MELATI

-MAKEUP SANGGUL/HIJAB DAN BUSANA IBU

-BUSANA BESKAP JAWA BAPAK

 Harga diluar paket:

Makeup HairDo/HijabDo untuk bude/bule, adik/kakak wanita : Rp.250.000,-/orang 

Sewa Busana ibu/adik/kakak wanita : Rp.150.000,-/orang

Busana Beskap Bapak, Kakak/Adik Pria : Rp.150.000,-/orang

 Catatan:

Kami tidak menerima Acara Siraman Pengantin Pria


Acara siraman adalah salah satu kelengkapan acara kesakralan dalam sebuah penyelenggaraan hajat pernikahan adat tradisional Jawa. Pada masyarakat tradisional jawa, terutama di daerah Jawa Tengah, acara Siraman sudah merupakan rangkaian acara yang umum diselenggarakan pada sebuah hajat pernikahan. Tapi masyarakat jawa yang sudah tinggal di Jakarta, pun masih banyak yang merangkai acara siraman untuk hajat pernikahan. 





Pengertian kata siram adalah suatu perbuatan yang menggunakan air sebagai medianya. Dalam upacara tradisional jawa yang dimaksud Upacara Siraman adalah mandi dengan makna untuk mensucikan diri bagi calon pengantin mempelai wanita maupun pria menjelang akad nikah.
Untuk melakukan siraman dilakukan/dibantu oleh garis keluarga paling dekat terutama Bapak, Ibu, Bude2 dst.'

Syarat untuk melakukan upacara disebut Sirna Siraman. Bahan-bahan yang di butuhkan antara lain adalah :
-Kembang setaman atau Kembang tujuh rupa
-Ronce Melati
-Kelapa hijau tua dua buah
-Alat alat Kendi dan gayung
-Tikar yang terbuat dari anyaman janur kelapa
-Kain Mori
-Daun daunan
-dsb.

Adapun mengenai susunan atau tahapan dari acara siraman, sudah diatur oleh MC yang sudah memahami tata cara dan etika dalam melakukan acara siraman. 

Pelaksanaanya adalah dirumah orang tua pengantin, dan biasanya diadakan sehari sebelum penyelenggaraan akad dan pesta pernikahan. Acara siraman dilakukan oleh masing-masing keluarga calon mempelai pengantin, baik pria maupun wanita. Tentunya dilokasi masing-masing dan dengan tata cara yang sedikit berbeda. Namun untuk di Jakarta, acara siraman seringkali dilakukan oleh keluarga mempelai wanita saja. 
Peminat acara siraman ini seringkali timbul atas inisiatif dan keinginan dari orangtua pengantin, terutama orangtua pengantin wanita. Hal ini wajar saja karena acara siraman adalah acara yang penuh dengan pemberian doa restu dari orangtua terhadap putrinya yang akan menikah.

Bahasan kali ini adalah membahas tentang makeup acara siraman dan busananya. Khusus untuk acara siraman adat jawa ini, Griya Rias Gita menyediakan Paket Makeup Siraman yang hanya melayani makeup siraman untuk calon mempelai pengantin wanita, ibu dan bapak saja. Ada tiga point yang terpenting dalam hal makeup dan busana untuk acara siraman calon pengantin wanita.

Pertama adalah makeup yang cantik.
Penata rias yang berpengalaman akan menerapkan tata rias makeup untuk acara siraman dengan baik. Makeup natural cantik acara Siraman dengan menggunakan kualitas kosmetik yang terbaik adalah pilihan yang wajib. 
Selain menata rias dengan makeup yang cantik, kualitas kosmetik yang digunakan juga tidak luntur bila terbasuh air. Seperti kita ketahui bahwa pada upacara adat siraman, bagian wajah akan sering terjadi basuhan dan usapan dari air saat acara berlangsung. Makeup yang tidak terpengaruh oleh basuhan air, akan menjaga performa kecantikan pengantin siraman, sehingga tidak mengganggu kehikmatan acara siraman. Dengan demikian, pengantin dan keluarga akan menjadi lebih percaya diri dalam menjalani seluruh rangkaian acara siraman.
Untuk tata rias bagian atas kepala makeup siraman wanita, terdapat 2 (dua) pilihan, yaitu Hair Do atau Hijab Do. Penerapan terhadap hair/hijab do disesuaikan dengan keinginan saja. Bila menggunakan hijab maka warna hijab disesuaikan dengan busana. Apabila calon pengantin tidak menggunakan jilbab maka  tata rias rambut dapat dikreasikan secara natural. Baik hijab maupun hair pada pengnatin siraman, semuanya menggunakan bando ronce melati.
Sisi lain dari tata rias makeup yang baik adalah terjaganya kualitas gambar hasil dokumentasi foto maupun video dari semua rangkaian acara siraman. Bisa dibayangkan apabila makeup pengantin menjadi rusak ditengah acara berlangsung, maka tentu dokumentasinya akan menjadi kurang bagus.

Kedua adalah busana siraman.
Untuk busana yang digunakan adalah busana khusus untuk acara siraman. Busana pengantin siraman jawa memiliki ciri tersendiri, yaitu model kemben jawa yang berwarna hijau atau merah. Bila pengantin muslim, maka busana akan dilengkapi dengan hijab/jilbab dengan warna yang sesuai.
Perias yang berpengalaman, tentu akan menyiapkan busana-busana lengkap, mulai dari busana untuk melakukan siraman sampai busana pengganti. Fungsi busana pengganti  cukup penting, karena setelah selesai siraman inti, pengantin dapat segera berganti busana dari yang basah ke busana kering, sehingga pengantin wanita tetap terjaga kondisinya, sehubungan esok hari pengantin wanita harus fit untuk menjadi ratu sehari dalam pesta pernikahannya.
Setelah berganti busana kering, maka MC akan melanjutkan rangkaian acara selanjutnya.

Dan yang ketiga adalah melati.
Melati merupakan komponen yang tidak bisa ditinggalkan dalam acara siraman. Karena keberadaan ronce melati yang dipasang melingkar pada busana kemben siraman, adalah merupakan salah satu pakem dari acara siraman. Melati dironce melebar sedemikian rupa hingga menjadi selendang yang terlihat seperti syal. Untuk panjang roncean melati dari atas sampai bawah tergantung dari selera saja, dan biasanya disesuaikan dengan postur tubuh dari pengantin siraman. Panjang kebawah roncean melati dapat hanya sebagian saja, atau dapat juga panjang sampai kebawah sesuai dengan keinginan calon pengantin.
Fungsi lain dari ronce melati adalah menjaga agar penampilan pengantin tetap terlihat segar, selain itu melati juga memberikan suasana disekitar acara menjadi lebih wangi dan harum.

Untuk tata rias dan busana pengantin siraman, akan langsung ditangani oleh Yani Dachlan yang sudah berpengalaman menangani acara siraman.

Selain acara inti siraman, ada dua poin yang berkaitan dengan penyelenggaraannya. Dua poin tersebut adalah acara Dodol Dawet serta acara pemasangan bleketepe. Acara ini adalah acara pendamping dari acara siraman yang merupakan acara inti. Sebagai pendamping lengkapnya keseluruhan acara siraman, maka acara Dodol Dawet dan Tuwuhan boleh diadakan, tapi juga boleh ditinggal, sesuai kebutuhan dari pemangku hajat. 
Dodol Dawet
Dekorasi Dodol Dawet memiliki pakem kektentuan adat yang memiliki makna tertentu. Piranti pakem yang terpenting dalam rangkaian acara dodol dawet adalah: 1. Adanya payung yang akan dipegangi oleh bapak untuk memayungi ibu dalam berjualan dawet. 2. Bakul yang akan digendong oleh ibu. 3. Kreweng sebagai alat bagi para hadirin untuk membeli dawet. Untuk piranti lainnya dapat dimodifikasi sesuai keinginan.
Pemasangan Bleketepe
Berbeda dengan dekorasi background pelaminan siraman yang tidak memiliki pakem ketentuan adat, untuk Dekorasi Tuwuhan, ini memerlukan pakem yang sudah ditentukan melalui ketentuan adat jawa. Pakem dekorasi untuk acara tuwuhan antara lain adalah dengan menggunakan elemen alam yang merupakan simbol kebaikan untuk perkawinan, seperti janur, pohon pisang, padi, tebu, daun beringin dsb. Semua elemen tersebut ditata membentuk gerbang lengkung didepan rumah.
Untuk pemasangan Bleketepe, akan dilakukan oleh Bapak pengantin siraman, panitia juga sudah menyediakan tangga yang aman dan sudah dihias sedemikian rupa, agar memudahkan Bapak dalam melakukan pemasangannya.
Dengan adanya point tersebut maka kami sediakan paket makeup adat siraman jawa lengkap mulai dari Tata Rias Makeup dan Busana pakem (pengantin, ibu dan bapak). Paket disediakan bagi masyarakat jawa khususnya yang sudah tinggal di Jakarta dan sekitarnya. 

Acara Siraman dapat di setting kecil, sedang ataupun besar. Settingan tergantung dari kebutuhan keluarga dalam memprioritaskan acara. Karena semua tak lepas dari property dekorasi dalam merencanakan sebuah acara termasuk siraman. 
Tidak hanya untuk wedding, untuk kebutuhan acara siraman saat ini sudah banyak layanan jasa untuk 
-Dekorasi pelaminan siraman beserta penyewaan alat alatnya (silahkan browsing google)
-MC acara siraman jawa
Silahkan pilih jasa layanan menurut keinginan.

Tentunya semua runtutan acara ini bertujuan untuk membuat acara menjadi lebih bermakna. Dan melalui penyelenggaraan acara ini kita semua secara tidak langsung sudah turut berperan melestarikan kekayaan budaya Indonesia. 

siraman jawa
peralatan siraman jawa

Angkringan Dodol Dawet

GRIYA RIAS GITA 
Whatsapp Chat/Call : 081380196990
-Jl. Kekeran Rt.02/04 No. 35
Condet Batuampar Kramatjati Jakarta Timur
-Citra Indah City Bukit Pinus Blok Q3-21 
Sukamaju Jonggol Kab. Bogor Jawa Barat

Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR