MAKEUP RIAS PANGGILAN

RIAS PENGANTIN BETAWI DKI JAKARTA



rias pengantin betawi
Kita ketahui dari sejarah, perubahan mulai dari nama kota Jayakarta, Batavia, sampai hingga menjadi DKI Jakarta, wilayah ini terus menjadi pusat kegiatan kenegaraan dan pemerintahan Indonesia. Dalam perjalanan menuju kota yang maju, maka tak terhindari lagi proses modernisasi kota, baik dari infrasutruktur maupun dari setiap sisi kehidupan bermasyarakat. Dan proses itupun mempengaruhi adat dan kebudayaan masyarakat betawi, termasuk dalam tata cara menyelenggarakan pesta pernikahan.

Citra adat tradisional Betawi.yang tertuang pada tata rias Pengantin Betawi menggambarkan sejarah perjalanan kebudayaan yang penuh dengan dinamika.   Hal ini dapat kita lihat pada unsur akulturasi budaya antara budaya asli, budaya islam, budaya cina dan budaya colonial yang terdapat pada tata rias dan busana pengantin betawi

Busana adat betawi yang asli memiliki nilai-nilai kebudayaan betawi yang mengesankan. Pengaruh akulturasi budaya sepanjang sejarah telah melahirkan ketentuan atau pakem terhadap tata rias pengantin yang memaknai semua tentang kebaikan sebuah pernikahan. Tata rias busana pengantin adat tradisional yang lengkap sesuai dengan pakem dapat dilihat pada contoh busana adat di situs-situs budaya betawi.

Namun pada era sekarang, dalam tata rias pengantin betawi, banyak pengantin yang memilih busana kebaya dan gaun modern, ketimbang busana adat asli. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kebaya atau gaun wedding terasa lebih trendy dan kekinian.

Pilihan kebaya atau gaun wedding, itu memang dipengaruhi oleh modernisasi kota Jakarta yang selalu dinamis, termasuk dinamika pernikahan di Jakarta. Dahulu memang pernikahan sering dilakukan antar sesama suku betawi, namun sekarang pernikahan sering dilakukan antara suku betawi dan suku pendatang.

Pada masa sekarang dimana hijab menjadi sebuah trend yang mempercantik wanita, menjadikan kebaya atau gaun modern wedding terkombinasi dengan gaya muslimah. Hingga terciptalah gaya pengantin betawi modern muslimah.

Namun dari semua modifikasi tata rias itu, pakem dan ketentuan budaya pengantin betawi tetap dipertahankan. Salah satunya adalah dengan penggunaan mahkota pengantin betawi yang bercadar. Dapat dikatakan bahwa tren tata rias pengantin betawi saat ini lebih cenderung pada perkembangan busana, aksesories dan perhiasan pengantin.

Nuansa pesta pernikahan betawi sering menggunakan unsur warna merah. Pada foto pengantin betawi diatas, terlihat bahwa kebaya warna merah berpayet gold yang digunakan sangat kontras berpadu dengan mahkota pengantin betawi. Dengan melati menjuntai dimahkota dan hanbuke mawar merah, penampilan pengantin wanita lebih terkesan membudaya secara keseluruhan. 

Pada foto pengantin betawi yang ditampilkan dibawah, busana silver dan mahkota hijab berpadu mengungkapkan kesan anggun. Cadar dikiri dan kanan wajah tetap dipertahankan sebagai ciri khas pengantin wanita adat betawi.
pengantin betawi kali malang
Untuk menangani makeup seorang perias pengantin betawi berpegang prinsip sebagai berikut :
-Memiliki skill MUA yang selalu update.
Perias yang konsisten terhadap dunia kecantikan, akan tetap update terhadap kosmetologi dan teknik tata rias. Dengan mengikuti perkembangan dunia kecantikan dan teknik MakeUp Artis, maka perias akan dapat mengaplikasikan ketrampilannya pada pengantin tradisional, terutama pengantin Betawi, agar dapat tampil cantik, anggun, dan manglingi sesuai dengan karakternya.
-Memiliki sense art of beauty, atau insting seni kecantikan, karena dalam tata rias pengantin Betawi memerlukan ketelitian tinggi dalam menyesuaikan karakter wajah agar pengantin dapat terlihat cantik.
pengantin betawi jakarta
Untuk memudahkan masyarakat Jakarta dalam menyelenggarakan pesta pernikahan adat Betawi, Griya Rias Gita menyediakan Paket pesta pernikahan yang lengkap dengan harga terjangkau. Paket bebas dimodifikasi, karena untuk tata riasnya, pengantin bebas memilih beberapa gaya adat istiadat. Salah satunya dapat dipilih gaya pengantin adat Betawi.

Yang menjadi inti dari paket terebut adalah diterapkannya tata rias makeup pengantin wanita yang mumpuni dengan penggunaan kosmetik kualitas terbaik. Paket sudah termasuk busana, pelaminan, tenda, kursi, serta peralatan prasman.
pengantin betawi busana biru

rias pengantin betawi di jakarta

rias pengantin betawi

rias pengantin betawi modern


pengantin betawi jakarta
Dalam menangani Tata Rias Pengantin Betawi, semua anggota team Griya Rias Gita memiliki kebanggaan tersendiri. Karena selain lokasi domisili griya rias Gita yang berada di wilayah DKI Jakarta, team juga dapat turut berperan dalam melestarikan budaya adat tradisional masyarakat Betawi.yang mana nilai kearifan lokal selalu dijunjung tinggi.

Mau lihat foto2 yang lain?...silahkan KLIK DISINI UNTUK KE ALBUM PENGANTIN

Mungkin timbul pertanyaan : Harga Makeup Riasnya Berapa?
Untuk itu Silahkan Di cek..

Paket Makeup Pengantin Betawi Lengkap

Rp.2.500.000,-

-Makeup Hair/Hijab Do Pengantin Wanita

-Pemasangan Mahkota Pengantin Cadar Betawi

-Busana Pengantin Wanita dan Beskap Pengantin Pria

-Melati Lengkap

 

Paket Makeup Pengantin Wanita Betawi Plus Busana

Rp.2.000.000,-

-Makeup Hair/Hijab Do Pengantin Wanita

-Pemasangan Mahkota Cadar

-Busana Pengantin Wanita

-Melati Lengkap

 

Paket Makeup Pengantin Wanita Betawi Busana Sendiri

Rp.1.600.000,-

-Makeup Hair/Hijab Do Pengantin Wanita

-Pemasangan Mahkota Cadar

-Melati Lengkap

 

Harga Diluar Paket :

Makeup HairDo/HijabDo untuk ibu, adik/kakak : Rp.250.000,-/orang 

Sewa Busana ibu/adik/kakak wanita : Rp.150.000,-/orang

Busana Resepsi Beskap Bapak, Kakak/Adik Pria : Rp.150.000,-/orang

 

Catatan : 

Busana tersedia adalah busana kebaya akad dan resepsi.

Kami tidak menyediakan busana adat betawi asli/totok/pakem.


GRIYA RIAS GITA 
Whatsapp Chat/Call : 081380196990
-Jl. Kekeran Rt.02/04 No. 35
Condet Batuampar Kramatjati Jakarta Timur
-Citra Indah City Bukit Pinus Blok Q3-21 
Sukamaju Jonggol Kab. Bogor Jawa Barat

Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR