MAKEUP RIAS PANGGILAN

Gedung Pernikahan dan Fasilitas Yang Perlu Diperhatikan

Fasilitas gedung dengan panggung pelaminan

Alternatif untuk menyelenggarakan pesta pernikahan selain dirumah adalah di gedung atau aula. Sebutan gedung umumnya di tujukan untuk tempat pernikahan dengan skala menengah sampai besar, atau 500-1500 undangan. Sedangkan sebutan aula biasanya untuk skala kecil sampai menengah, atau 250-500 undangan.
Sebelum memilih gedung untuk pesta pernikahan, tentunya kita sudah mengetahui skala pesta yang akan diadakan. Tentukanlah gedung atau aula sesuai dengan skala pesta yang akan diselenggarakan. Hal ini perlu diperhatikan karena tamu undangan akan datang secara berbarengan pada jadwal resepsi yang sudah ditentukan.

Setiap gedung atau aula memiliki fasilitas yang berbeda-beda, karena peruntukannya tidak semata-mata khusus untuk pesta pernikahan saja, tapi juga dapat digunakan untuk acara-acara lainnya. Misalnya, pertemuan, seminar, pelantikan, dan sebagainya. Sehingga kadangkala jika dipilih sebagai tempat pesta pernikahan, ada saja sisi kekurangannya.

Untuk itu lakukanlah survey terhadap gedung yang diminati. Saat survey dan menemui pengelola gedung, tentunya yang pertama kali kita tanyakan adalah harga sewa. Tanyakan juga mengenai  biaya-biaya lainnya seperti ongkos kebersihan. 

Ada banyak gedung atau aula yang membebaskan para pengantin untuk menggunakan jasa layanan pesta dari luar. Ini menguntungkan para pengantin karena dapat memilih yang sesuai dengan keinginan dan dapat lebih menyesuaikan budget pernikahan. Namun banyak juga gedung yang mengharuskan para pengantin menggunakan rekanan, untuk itu tanyakan juga apakah ada ongkos/cash bila menggunakan vendor dari luar.

Selain itu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih gedung atau aula untuk pernikahan? Lets chek it out..
1. Luas Indoor Gedung
Sesuaikan luas indoor gedung dengan jumlah tamu yang akan diundang. Akan terlihat mubazir dan kebanting bila tamu yang diundang sedikit tapi indoor gedung sangat luas. Perhatikan juga luas latar yang akan disesuaikan dengan tata letak dari pelaminan serta catering.
2. Fasilitas Panggung Pelaminan
Lihatlah pada latar indoor gedung, apakah sudah tersedia panggung untuk didirikan pelaminan. Bila gedung tidak memiliki panggung maka bisa menyewa pada vendor, perias, atau layanan luar. 
3. Ruang Rias
Fasilitas gedung yang baik untuk pesta pernikahan adalah ruang rias yang nyaman. Biasanya gedung yang baik memiliki 4 ruang rias, yaitu Ruang rias khusus pengantin, Ruang rias keluarga wanita/rias keluarga CPW, Ruang rias keluarga pria/Rias keluarga CPP, dan Ruang rias umum untuk panitia atau para intertainer.
4. Ruang Catering
Ruang ini diperlukan oleh crew catering dalam memobilisasi menu-menu yang akan disediakan, termasuk pergerakan membersihkan piring, gelas dsb.
5. Fasilitas Sound System
Apabila pesta pernikahan tidak menggunakan hiburan lengkap dengan sound system, maka fasilitas sound system dari gedung dapat dipergunakan.
6. Fasilitas Pendingin Ruangan
Perhatikan apakah gedung/aula sudah memiliki sistem pendingan yang cukup. Gedung yang sudah memiliki pendingin ruangan atau AC, tidak lagi membutuhkan Blower/Cooling fan.
7. Kursi.
Bila gedung sudah memiliki kursi yang bagus, tentunya tidak lagi perlu menyewa kursi. Terkadang kondisi kursi yang disediakan gedung terlihat kursi kurang terawat, sehingga harus menyewa dari luar.
8. Latar Parkir.
Setelah menentukan skala pesta, tentunya kita dapat memperkirakan tamu yang datang. Perhatikan lahan perparkiran dari gedung yang akan disewa, apakah aman dan memadai terhadap kendaraan para tamu. Lahan parkir terlihat sepele namun dapat memperlancar jalannya acara dan juga menyamankan tamu, panitia dan seluruh keluarga.
9. Toilet.
Toilet yang bersih akan memberikan kesan bahwa fasilitas gedung terpelihara dengan baik. 

Bila semua fasilitas sudah fiks dengan kebutuhan, sebaiknya segera lakukan booking sesuai tanggal pernikahan. Jangan sampai jadwal gedung tidak tersedia pada hari pernikahan yang diinginkan. 
Tapi jangan kecewa bila tanggal gedung sudah terbooking, karena jaman sekarang seringkali tanggal pernikahan mengikuti jadwal kesediaan gedung. Reschedule atau gunakan plan B, tapi jangan menunda lagi pernikahan.

Salam

Gita Salon Rias Pengantin

Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.