MAKEUP RIAS PANGGILAN

Yang Perlu Diketahui Bila Mau Pesta Adat Pernikahan Bagi Suku Dari Luar Pulau Jawa



Penduduk Jakarta dan sekitarnya terdiri dari bermacam-macam suku, dimana ini terjadi dikarenakan banyaknya pendatang sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Para pendatang itu tidak hanya dari suku di pulau jawa saja tapi juga dari pulau lain seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan lain-lain.

Dalam konteks penyelenggaraan pernikahan adat  tradisional di Jakarta, para pendatang dari suku yang ada dipulau jawa, seperti betawi, jawa, dan sunda, akan lebih mudah dalam mempersiapkan prasarana penyelenggaraan hajat pesta adatnya. Hal ini karena sudah banyak tersedia layanan lengkap dari jasa penyelenggara pesta untuk  memenuhi sarana acara adat secara detail.
Namun agak berbeda dengan para calon pengantin yang berasal dari suku luar pulau jawa, seperti Sumatra, Kalimantan dsb. Untuk menyelenggarakan pesta pernikahan adat tradisionalnya perlu mencari lebih vendor dengan lebih teliti.

Mari kita lihat tentang apa dan bagaimana pesta pernikahan suku luar jawa di Jakarta. Kita ambil contoh beberapa pesta adat seperti suku Batak, Melayu, dan Padang di Jakarta.
Batak.
Untuk menyelenggarakan hajat pesta adat tradisional batak, banyak property pesta yang harus dipersiapkan. Mulai dari sarana dan prasarana pesta sampai masalah perjamuan tamu, hampir semuanya membutuhkan koordinasi yang baik. Dan pada saat hari H, diperlukan panitai yang memang sudah memahami jalannya acara adat.
Bagi calon pengantin batak, setidaknya tidak perlu khawatir, sebab di Jakarta sudah banyak gedung-gedung pernikahan dengan fasilitas yang lengkap untuk penyelenggaraan pesta adat. Pada gedung itu juga sudah tersedia jasa organizer yang memahami tentang pakem-pakem adat batak.

Melayu
Acara adat tradisional melayu agak jarang dilakukan pada pesta pernikahan di Jakarta. Kebanyakan dari mereka untuk penyelenggaraan pesta adat hanya dilakukan dengan menggunakan busana adat, pelaminan adat, serta suguhan tarian adat saja. Untuk pengadaan busana dan pelaminan, calon pengantin dapat menggunakan jasa dekorasi khusus pengantin melayu. Sedangkan untuk para penari dapat menghubungi sanggar tari yang tersebar di Jakarta.
Kebutuhan tentang peralatan catering pesta dapat menggunakan jasa catering pada umumnya. Dan gedung untuk pestanya bisa menggunakan gedung apa saja asalkan memadai untuk kapasitas pesta.


Padang
Hampir sama dengan pengantin melayu, kebanyakan dari mereka untuk penyelenggaraan pesta adat hanya dilakukan dengan menggunakan busana adat, pelaminan adat, serta suguhan tarian adat saja. Untuk acara adat hanya dilakukan pada bagian-bagaian adat yang penting saja. Catering juga dapat menggunakan jasa catering umum, begitu juga gedung untuk pestanya bisa menggunakan gedung apa saja asalkan memadai untuk kapasitas pesta.
Contoh pengantin suku daerah Padang yang sudah termodifikasi
Dari ketiga contoh diatas, kita dapat melihat :
-Bahwa untuk melakukan acara adat dalam suatu pesta tentu diperlukan biaya extra, selain biaya pesta pernikahan pada umumnya. Terlebih lagi, jika acara adat yang unik dengan property khusus.
-Tidak semua lokasi pesta dapat mengakomodasi rangkaian acara adat. Karena seringkali  rangkaian acara adat melibatkan banyak personil serta property yang besar. Sehingga diperlukan gedung atau area yang memadai.
-Persiapan dari seluruh penyelenggaraan pesta pernikahan memerlukan persiapan yang matang, dan melibatkan banyak pihak. Jasi diperlukan beberapa kali pertemuan untuk mensepakati jadwal maupun rangkaian acara secara keseluruhan
- Di Jakarta masih belum banyak jasa dekorasi yang memiliki properti maupun bahan-bahan dekorasi untuk pelaminan adat tradisional yang ‘khusus’, Dalam artian bahwa desain dekorasi pelaminan adalah custom dapat sesuai pakem adatnya. Sehingga seringkali jasa penyedia pelaminan itu memasang ongkos jasa dekornya lebih besar dari biasanya.
-Untuk busana, tidak semua koleksi busana daerah tertentu secara lengkap dimiliki oleh perias pada umumnya, sehingga apabila ada, maka kemungkinan biaya sewanya akan  lebih besar.
-Hanya EO tertentu saja yang dapat mengakomodasi seluruh rangkaian jalannya acara adat sesuai dengan pakem adatnya. Oleh karena itu kadangkala pengantin mendatangkan jasa event organizer dari daerah asalnya.
-Peralatan adat tradisionil dan Aksesories dari daerah tertentu, belum tentu dimiliki oleh perias atau penyelenggara pesta.

Dari keterangan diatas, maka kita dapat mengambil pertimbangan, bagaimana sebaiknya acara pernikahan adat luar pulau jawa akan diselenggarakan di Jakarta.
Bagi calon pengantin yang tidak ada masalah dengan budget pernikahan, maka sudah barang tentu semua acara diperkirakan berjalan sesuai dengan rencana. Namun bagi yang memiliki budget terbatas tentunya harus memilih acara adat yang mana yang akan diprioritaskan. Bila ingin menggunakan jasa penyelenggara pesta (EO), maka teliti dan berhati-hatilah terhadap yang terlihat manis dan sanggup untuk meng-handel semua kebutuhan tentang pesta acara adat. Lihatlah kredibilitasnya dalam dunia wedding dan dekorasi.

Dilihat dari poin diatas maka akan timbul opini bahwa untuk menyelenggarakan pernikahan dengan acara adat memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi dalam acara adat memerlukan dukungan penuh dari semua keluarga besar, sehingga perlu biaya akomodasi, transportasi, dll. untuk kesediaan keluarga pendukung tsb.

Lalu bagaimana sebaiknya menentukan pesta adat pernikahan bagi  pengantin asal luar pulau jawa, namun dengan budget yang tertentu?
Untuk hal ini, calon pengantin dapat mempertimbangkan prioritas acara adat yang paling dianggap penting di daerahnya dalam sebuah pernikahan. Kemudian dalam tata rias maupun dekorasi, pengantin setidaknya tidak terlalu kaku atau kolot dalam masalah sarana dan prasarananya. Karena bisa saja dalam menentukan pilihan yang pas untuk gaya busana dan nuansa pesta perias melakukan modifikasi tata rias adat dengan berpegang koridor prinsip pakem adat yang bersangkutan.


Gsrp*

Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.